Bersama Kita #LawanCovid19


SAY GOODBYE TO COVID-19 

covid-19

Corona virus, satu hal yang sedang diperbincangkan di seluruh penjuru di Dunia. Sebenarnya apa itu covid 19 ?

Corona virus atau Covid 19  adalah sebuah keluarga virus yang ditemukan pada manusia dan hewan. Sebagian virusnya dapat menginfeksi manusia serta menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit umum seperti flu, hingga penyakit-penyakit yang lebih fatal, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Berdasarkan data Hari sabtu, 04 maret 2020 pukul 15:53 total kasus covid 19 di Indonesia mencapai 2.092 kasus dengan 1.751 di rawat, 150 sembuh dan 191 meninggal. 
Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang terjangkit virus Covid19 dengan persentase kematian tertinggi.

Corona virus  bukan virus yang biasa yang bisa kalian abaikan begitu saja. Wabah bernama coronavirus disease 2019 (Covid 19) ini virus yang sangat mematikan. Penyebarannya sangat cepat karena bisa ditularkan melalui berbagai media, baik makhluk hidup maupun benda mati dan siapapun bisa berpotensi untuk tertular virus ini. 
Contoh hal kecil nya saja saat memegang pegangan pintu yang sebelumnya mungkin telah dipegang oleh seseorang yang positif Covid 19 (tanpa kamu ketahui)  kamu bisa saja tertular wabah itu.
Seringkali virus ini menyebar antara manusia ke manusia melalui tetesan cairan dari mulut dan hidung saat orang yang terinfeksi covid19 sedang batuk atau bersin, hampir mirip dengan cara penularan penyakit flu.

Melihat pengamatan yang penularannya yang sangat cepat, bahkan angka kematian yang begitu tinggi, dan berefek buruk bagi perekonomian rakyat, kini berbagai negara khususnya Indonesia sedang melakukan beberapa cara untuk menghadapi pandemic ini. Indonesia pun saat ini berada dalam situasi untuk melawan corona virus. Sebagaimana peperangan, setiap orang harus tunduk pada satu komando pemimpin, fokus pada satu tujuan, dan bertempur melawan bersama untuk mengalahkan covid 19.

Dengan terus bertambahnya kasus di Indonesia, yuk sebaiknya kita sama sama membuat Gerakan Bersama #LawanCovid19

Disiplin Menjaga Diri

#LawanCovid19


 Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir sehabis memegang sesuatu benda adalah disiplin yang wajib dilakukan setiap orang. Jika tidak ada sabun, handsanitizer wajib dipakai. 
Cara lain yang efektif adalah menggunakan masker saat berada di ruang publik atau berhadapan dengan orang yang tidak di kenal. Penggunaan masker menghindari diri dari droplet atau percikan liur lawan bicara yang mungkin saja terindiksi positif corona.

Rajin menbersihkan ruangan di sekitar rumah menggunakan Cairan desinfektan. Cairan disinfektan bisa membersihkan virus pada permukaan benda-benda dan pada tubuh atau baju dan sifatnya hanya bersifat sementara.
Menurut Wiku, cairan disinfektan merupakan senyawa kimia yang digunakan untuk proses dekontaminasi yang membunuh mikroorganisme, virus bakteri pada objek permukaan benda mati. Selain itu, cairan disinfektan juga digunakan di permukaan lantai, meja permukaan lain yang sedang disentuh.


Etika Bersin dan Batuk
Terapkan etika bersin dan batuk dengan benar yaitu tutup mulut dengan menggunakan siku tangan bagian dalam atau tisu bersih. Sebab, cairan yang diproduksi pada saat batuk dan bersin tersebut dapat menjadi media penularan virus covid19.

Tingkatkan Imun Tubuh
Tidak hanya cukup dengan melakukan tindakan atau pencegahan dari luar tubuh, namun kita juga perlu melakukan tindakan pencegahan dari  dalam tubuh.

Caranya adalah dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh kita terhadap berbagai virus termasuk virus covid-19. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh yaitu dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin, mengonsumsi vitamin dan mengonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Social Distancing

social distancing



Social distancing merupakan salah satu langkah pencegahan dan pengendalian infeksi covid 19 yaitu dengan menganjurkan orang orang sehat untuk membatasi aktivitas atau kunjungan ke tempat tempat yang ramai dan kontak langsung dengan orang lain.Ketika menerapkan social distancing, seseorang tidak diperbolehkan untuk berjabat tangan serta mengharuskan untuk menjaga jarak setidaknya 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain, terutama dengan orang yang sedang sakit atau yang berisiko tinggi terpapar virus COVID -19.
Ada beberapa contoh penerapan social distancing yang umum dilakukan, yaitu:
Bekerja dari rumah (work from home)
Belajar di rumah secara online bagi siswa sekolah dan mahasiswa
Menunda pertemuan atau acara yang dihadiri orang banyak, seperti pesta pernikahan,konferensi, seminar, dan rapat, konser musik, dan kegiatan lainnya yang mengundang banyak orang
Tidak mengunjungi orang yang sedang sakit

#Dirumahaja adalah sebuah ajakan untuk kita dengan tidak bepergian kemanapun hanya ‘stay at home’. ajakan ini bukan untuk membatasi diri melainkan membantu untuk membatasi pergerakan COVID 19 agar tidak tersebar semakin luas.
Bepergian diperbolehkan HANYA untuk hal-hal yang penting saja, seperti membeli obat obatan atau bahan makanan dengan tidak lupa memakai pengaman diri seperti menggunakan masker dan langsung mencuci semua pakaian yang digunakan setelah selesai dari luar rumah.

Untuk mengobati rasa “bosan” selama masa self quarantine, ada beberapa tips yang mungkin bisa saja menghilangkan rasa bosan , yaitu  :
  • Mencoba/belajar hal baru seperti mulai belajar masak-masak (bagi kaum wanita)
  •  Waktu yang tepat untuk Self care
  • Menyanyi bersama melalui media video call contohnya seperti yang dilakukan oleh pemilik akun instagram @NajwaShihab yang mengajak beberapa musisi Indonesia menyanyi bersama, menyanyikan lagu “Rumah Kita”
  • Meruntinkan berolahraga (dirumah) mungkin untuk sebagian orang yang sehari harinya dikelilingi oleh kesibukan pekerjaan, ini adalah waktu yang tepat
  • Buatlah suatu permainan sederhana yang mengandung unsur lucu yang dimainkan oleh keluarga-keluarga kalian, selain menghilangkan rasa bosan hal tersebut bisa juga menjadikan hubungan kekeluargaan menjadi lebih hangat, dekat dan erat.



Yuk kita sama-sama lakukan hal-hal yang telah dianjurkan pemerintah untuk situasi saat ini beberapa anjurannya seperti yang telah dituliskan diatas, agar kita semua dapat terhindar dari paparan covid-19 ini dan sekaligus memutuskan rantai penyebaran covid-19 .


Tetap #dirumahaja dan Stay Safe everyone!



Salam satu Visi
Rossy Fadilla 




Sumber :
https://www.alodokter.com/

https://www.suara.com/news/

https://amp.beritasatu.com/

Komentar

Posting Komentar